Tingkatkan Keterbukaan Informasi, Humas Sosialisasikan Peraturan Menteri tentang PPID


  Senin, 24 Oktober 2016 Berita Rohumas

Berbagai Kementerian dan lembaga Negara terus berupaya meningkatkan pelayanannya untuk menjalankan amanat Undang-undung No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, hal ini seperti yang dilakukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kepala Biro Hubangan Masyarakat dan kerjasama Fajar Tri Suprapto menjelaskan bahwa pimpinan yang saat ini sangatlah peduli dengan masalah pengaduan dari masyarakat. Fajar membuktikan dengan kunjungan Eko Putro Sandjojo selaku Menteri Desa PDTT ke ruangan PPID, Call Center dan SMS Center Senin pagi  (17/10/2016).

“Sangat konsen dengan masalah pengaduan, seperti kemarin pak menteri sempat ke rungan kita, ini sebagai bentuk perhatian pimpinan kepada kita bahwa beliau konsen dengan masalah pengaduan ini” jelasnya, pada sambutanya di acara Sosialisasi Peraturan Menteri No 18 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi, Bogor (18/10/2016).

Karena banyaknya subjek masalah yang ditangani kementerian ini seperti dana desa, transmigrasi dan lainnya, yang erat dengan masalah pengaduan-pengaduan. Oleh sebab itu mengacu pada Peraturan Menteri Desa PDTT No 18 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi, bahwa Kementerian Desa telah dibentuk PPID Utama dan PPID Pembantu dilingkungan Kementerian Desa.

Kepala Bagian Informasi Pelayanan Pengaduan (IPP), Biro Humas dan kerjasama, Kementerian Desa dan selaku penyelenggara sosialisasi ini Erlin Charlinatun melaporkan ada 40 peserta yang hadir dalam acara ini yang terdiri dari PPID Utama dan PPID Pembantu yang ada pada perwakilan (PIC) setiap UKE I, Sesdirjen PPMD, Sesdirjen PKP, Sesdirjen PDTU, Sesdirjen PDT, Sesdirjen PKPrans, Sesdirjen PKTtrans, Sesirjen dan Balilatfo.

Pada acara yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Erlin memberitahukan “Saat ini PPID, Call Center, Sms Center telah menempati ruang baru di gedung utama lantai satu tepatnya disampng pintu Biro Humas dan Kerjasama, dan belum genap satu minggu” ujarnya.

Sosialisasi Pedoman Pelayanan Informasi ini dinarasumberii oleh Soekartono, Kepala Bidang Pelayanan Informasi, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika.