Kemendes Launching Buku Menuju Desa Mandiri dan Jelajah Desa Nusantara


  Rabu, 07 Desember 2016 Berita Rohumas

Menuju Desa Mandiri dan Jelajah Desa Nusantara merupakan dua judul buku yang akan di resmikan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) Jakarta, Rabu (07/12/2016).

Buku yang berjudul Menuju Desa Mandiri ini tidak sekedar hanya menceritakan sejumblah kisah sukses dari desa, namun Buku ini juga menyajikan pesan kebijakan dan pengetahuan para pemikir, tetapi yang jauh lebih berharga, buku ini secara induktif menyuguhkan narasi kecil tentang pengetahuan, gerakan dan kebijakan yang diprakarsasai oleh desa.

Buku yang launching di balai Makarti Muktitama pada malam rabu ini menyajikan berbagai teladan baik dari desa, yang dalam teori inovasi disebut sebagai best practices, sebuah cara untuk menularkan inovasi melalui pembelajaran horizontal dan perluasan (scaling up) melalui kebijakan.

Sekretaris Jendral Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi, berharap dengan adanya buku ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk membangun desa, “Semoga kehadiran dua buku ini menjadi duta Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi yang akan mewartakan kepada masyarakat tentang apa yang sudah kami lakukan dan bagaimana dharma dan bhakti yang kami berikan memberikan manfaat terbaik untuk desa” ujarnya.

Selain buku berjudul Menuju Desa Mandiri, Buku berjudul Jelah Desa Nusantara yang juga dilaunching ini menyajikan kumpulan dari dokumentasi dua Menteri yaitu Marwan Jafar dan Eko Putro Sandjojo dalam setiap kunjungan kerja. Lebih banyak menampilkan foto ke daerah-daerah dalam upaya melakukan pengecekan langsung penggunaan dana desa langsung di lokasi.